Mengenal Wisata Banda Neira, Replika Surga Bagian Timur Indonesia

Semua orang mungkin familiar dengan tempat wisata seperti Labuan Bajo, Raja Ampat, Pulau Kei, Pulau Komodo atau Teluk Cendrawasih. Ya, semua tempat memukau tersebut terletak di bagian timur Indonesia. Namun bagaimana dengan Banda Neira?

Satu pulau di Kepulauan Banda, Maluku Tengah ini cukup asing terdengar. Pulau penghasil pala yang menjadi sumber rempah-rempah terbesar ini nyatanya memiliki pemandangan tak kalah hebat dari tempat wisata terkenal lainnya.

Berikut adalah beberapa penjelasan yang butuh kamu ketahui jika kamu ingin menginjakkan kaki dan menikmati keindahan Banda Neira.

1. Untuk sampai ke Banda Neira, kamu harus menempuh perjalanan yang cukup jauh, nih. Jadi bersabar, ya!

Mengenal Wisata Banda Neira, Replika Surga Bagian Timur Indonesiawanitaindonesia.co.id

Sampai di Ambon, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Banda Neira dengan menggunakan pesawat lagi, Susi Air namanya. Tapi, sayangnya pesawat tersebut tidak bisa diakses setiap hari, hanya dua kali seminggu. Ada pilihan lain yakni kapal cepat dari Pelabuhan Talehu, kalau kamu memilih kapal ini, kamu butuh merogoh kocek sekitar Rp450.000 sampai Rp650.000. Dan karena ini perjalanan air, jadi tergantung gelombang. Diestimasikan butuh waktu 6 jam nih di atas kapal. Lumayan lama juga sih, kamu butuh sabar, ya.

2. Explore kota Banda Neira dulu sebelum berkeliling pulau merupakan pilihan terbaik

Mengenal Wisata Banda Neira, Replika Surga Bagian Timur Indonesiat-baronda.blogspot.com

Banda Neira terdiri dari 13 pulau kecil yang dihubungkan dengan jalan aspal ke semua pulaunya. Tidak besar, kamu bisa menjelajahinya dengan jalan kaki selama sekitar 3 jam saja. Nah, di kota Banda Neira sendiri terdapat begitu banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Perjalanan ke Banda Neira membawamu lebih dekat dengan sejarah, karena di kota Banda, dermaga, bandara dan kantor-kantor peninggalan Belanda masih berdiri di sana dan menjadi bukti kalau di zaman dulu Banda Neira sangat maju.

Nah, berikut adalah tempat-tempat bersejarah yang bisa kamu kunjungi:

  • Gunung Api Banda
  • Benteng Belgica
  • Gereja tua Hollandische Kerk
  • Rumah Budaya
  • Istana Mini

3. Setelah puas wisata sejarah, kamu bisa mengunjungi pulau-pulau kecil di sekitarnya juga

Mengenal Wisata Banda Neira, Replika Surga Bagian Timur Indonesiakopertraveler.id

Pulau Hatta, Pulau Rhun, atau pulau-pulau lain di sekitarnya sangat sayang untuk dianggurkan. Pastikan kamu punya waktu yang cukup lama untuk menjajal semua pulau dan tempat wisata yang Banda Neira punyai. Makanan di sana cukup murah kok, hanya sekitar Rp. 20.000 kamu sudah bisa dapat makanan yang layak.