Kompleks Istana Mini – Dwiwarna Kecamatan Banda Naira

Kompleks Istana Mini merupakan bekas kantor pemerintahan VOC di Banda Naira yang ditinggali oleh seorang Gubernur VOC. Kompleks Istana Mini terdiri dari beberapa bangunan diantaranya ialah Istana Mini yang merupakan rumah dari Gubernur VOC, dermaga sebagai tempat bersandarnya kapal-kapal dari tamu Gubernur VOC serta ada kantor Gubernur VOC.  Semua bangunan tersebut merupakan bangunan bercorak eropa, lantai menggunakan marmer, terakota, serta terdapat pula lantai yang berbahan batu alam. Bangunan istana mini terdiri dari enam ruangan yang salah satu ruangannya terdapat sebuah tulisan dari seorang bangsa eropa yang diukir pada kaca jendela. Tulisan tersebut merupakan curahan hatinya sebelum memutuskan untuk bunuh diri.

Salah satu ruangan di dalam Istana Mini. Kondisinya masih cukup baik hingga saat ini.

Sedangkan pada bangunan eks. kantor gubernur terdiri dari delapan ruangan. Di teras samping terdapat beberapa prasasti dengan tulisan berbahasa Belanda. Ada pula patung Raja Willem III yang terletak di halaman samping dari bangunan eks. kantor gubernur, pada bagian bawah patung tersebut terdapat pula prasasti yang dituliskan dengan menggunakan bahasa Belanda.

Patung Willem III yang tersimpan di halaman samping Istana Mini

Dermaga istana mini merupakan fasilitas yang dibangun untuk tempat bersandarnya kapal-kapal dari tamu Gubernur VOC serta kapal milik VOC. Dermaga ini dibangun di pesisir selatan Pulau Banda Naira tepat di depan bangunan Istana Mini yang berjarak kurang lebih 150 m. Di Kompleks Istana Mini juga terdapat tinggalan lain berupa meriam-meriam buatan VOC.

Salah satu meriam dari masa VOC yang ditempatkan di bagian depan bangunan Istana Mini